Apa itu Ethereum ? ini penjelasannya


Ethereum (ETH) adalah sebuah platform rantai-blok dengan fungsi kontrak cerdas. Ethereum mempunyai fungsi seumpama virtual machine yang boleh menjalankan kontrak cerdas peer-to-peer dengan uang kriptografi Ether (ETH). Ethereum merupakan sebuah projek besar yang dimulai oleh Vitalik Buterin pada tahun 2013. Blok pertama Ethereum ditemui pada 30 July 2015.
Ether
Ether adalah unit tanda uang platform Ethereum. Ether diperdagangkan di bursa crytocurrency seperti cryptocurrency lainnya. Ether digunakan untuk membayar komputasi jaringan Ethereum. Seperti Bitcoin, Ethereum menggunakan ide perantaian bukti-dari-kerja algorithm Ethash.

Menurut ethereum.org (website resmi organisasi Ethereum), Ethereum adalah platform yang ter-desentralisasi yang bisa menjalankan kontrak pintar (smart contract): aplikasi yang bisa dijalankan sesuai pemrograman tanpa adanya downtime, sensor, penipuan ataupun gangguan dari pihak lain. Mari kita baca definisi Ethereum dari media lain.

Menurut definisi dari blockgeeks.com, Ethereum adalah platform software terbuka berdasarkan teknologi blockchain dimana para developer bisa membuat aplikasi ter-desentralisasi. Seperti Bitcoin, Ethereum adalah jaringan blockchain publik yang tersebar. Meskipun ada banyak perbedaan teknis antara Bitcoin dan Ethereum, perbedaan yang paling utama adalah tujuan dan fungsinya. Bitcoin menawarkan sistem uang elektronik peer-to-peer untuk pembayaran atau transfer Bitcoin, yang tercatat di blockchain tersebut. Sementara Ethereum memfokuskan blockchain-nya untuk menjalankan program ter-desentralisasi apapun, termasuk pembayaran atau transfer Ether.

Jadi sekarang kita telah mempelajari bahwa Bitcoin itu digunakan untuk men-transfer uang elektronik secara peer-to-peer, yang tercatat di ledger / database yang tersebar. Sedangkan blockchain Ethereum bisa digunaan untuk menjalankan aplikasi apapun, termasuk transfer uang elektronik (Ether maupun token Ethereum lain). Dr. Gavin Wood, co-founder Ethereum menjelaskan bahwa fungsi Bitcoin yang utama adalah sebagai currency, dimana currency itu adalah salah satu aplikasi dari blockchain. Namun masih banyak tipe aplikasi lain yang bisa dijalankan di sebuah blockchain. Sebagai contoh, email adalah salah satu aplikasi yang bisa dijalankan di Internet, tetapi masih banyak fungsi aplikasi lain yang bisa dijalankan di Internet.

Ethereum pertama kali diciptakan oleh Vitalik Buterin, yang sebelumnya adalah pemimpin dari Bitcoin Magazine – sebuah media terkemuka di-antara pecinta cryptocurrency. Dana project Ethereum didapatkan dari sebuah crowdsale yang menjual saham berbentuk Ether. Proses ini juga disebut dengan nama ICO (Initial Coin Offering). Mirip dengan IPO (Initial Publick Offering) tetapi ICO menyebarkan / menjual digital currency yang berfungsi seperti saham perusahaan.
Cara Membeli Ethereum
  • Jika anda berada di Indonesia, anda bisa membeli Ethereum / Ether di website Bitcoin.co.id. Caranya adalah dengan membeli Bitcoin terlebih dahulu, lalu anda bisa menukarnya dengan Ether di platform exchange mereka.
  • Jika anda berada di Amerika, Kanada, Eropa, Australia atau di Singapura, anda bisa membeli Ethereum / Ether di website Coinbase.



0 Komentar untuk "Apa itu Ethereum ? ini penjelasannya"

Back To Top